You are currently viewing Bahaya Menahan Buang Air Kecil  bagi Kesehatan

Bahaya Menahan Buang Air Kecil bagi Kesehatan

Menahan atau menunda buang air kecil adalah hal yang sering dilakukan semua orang. Tetapi sebenarnya berbahaya gak sih menahan kencing? Apa ada pengaruh untuk kesehatan? Pertanyaan seperti ini tentu menjadi tanda tanya buat kita sendiri yang sering menunda buang air kecil.

Kandung kemih merupakan salah satu organ tubuh yang sudah diprogram secara khusus untuk menampung air kemih sisa dari proses metabolism tubuh. Seluruh air kemih ditampung dalam kandung kemih hingga kandung kemih penuh. Lalu, apa yang terjadi jika sudah penuh namun kita menunda mengosongkan kandung kemih?

Air kemih dihasilkan terus menerus sebagai akibat dari proses penyaringan sisa metabolisme oleh ginjal. Dengan produksi yang terus menerus maka kandung kemih akan terus terisi walaupun sudah penuh. Jika kandung kemih dalam keadaan penuh maka akan menimbulkan tekanan kandung kemih dan tekanan kemih ke ginjal yang menyebabkan aliran balik.

Secara umum akibat dari menahan buang air kecil adalah rasa tidak nyaman pada kandung kemih, nyeri saat buang air kecil, infeksi saluran kemih, terbentuknya endapan/kristal dalam kandung kemih dan/atau ginjal. Yang yang terakhir dapat mengganggu fungsi ginjal jika terlalu sering dilakukan.

Lakukan pencegahan dengan tidak menunda buang air kecil dalam keadaan apapun. Lakukan pemeriksaan kesehatan jika ada masalah dengan gangguan buang air kecil seperti buang air kecil tidak lancar, anyang-anyangan, nyeri saat buang air kecil, dan buang air kecil bercampur darah.

Jadi, menahan kemih sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai dampak bagi kesehatan ginjal. Dari dampak ringan hingga yang berat berupa gangguan fungsi ginjal. Lakukan pemeriksaan kesehatan jika dibutuhkan, lakukan pencegahan sedini mungkin agar kesehatan tetap terjaga.

This Post Has One Comment

Comments are closed.